Review Outer Wilds

 

Apa jadinya jika Anda membuat gim yang memiliki tata surya indah dan terbuka, tanpa arahan dan tanpa ada yang mendorong Anda selain rasa ingin tahu Anda yang membara? Anda mendapatkan mahakarya petualangan eksplorasi, Outer Wilds.

Catatan: ulasan ini bebas spoiler.

Anda terbangun, terengah-engah, dan membuka keempat mata Anda untuk melihat sebuah planet hijau besar yang mengorbit tinggi di atas Anda. Sesuatu meledak di dekat planet raksasa itu. Anda kemudian ditugaskan untuk menuju ke observatorium yang tinggi di atas kota kecil itu dan mampir ke beberapa tempat di sepanjang jalan.

Biasanya tidak akan banyak menarik perhatian, tetapi "area tutorial" Outer Wilds adalah area yang dirancang dengan brilian, berisi setiap bongkahan pengetahuan kecil yang dibutuhkan pemain untuk memecahkan teka-teki, menjelajahi tata surya, dan mempelajari cara menangani berbagai hal. Mulai dari tutorial menerbangkan model pesawat luar angkasa, navigasi dalam gravitasi nol, hingga museum menarik di bawah observatorium, Anda akan mempelajari semua yang perlu Anda ketahui – tidak ada lagi yang perlu dibuka untuk membuka lebih banyak gadget yang nantinya akan memungkinkan Anda mencapai tempat baru, atau pesawat luar angkasa yang lebih baik untuk bepergian ke tempat lain. Selain mempelajari semua elemen gameplay penting ini, pemain pasti akan terpesona dengan beberapa tampilan yang lebih menarik di museum. Mengapa ada ikan menakutkan yang tampaknya berasal dari planet lain? Apa sebenarnya pecahan batu yang menyeramkan dan bergerak ini? Dengannya, benih-benih pertama cerita ditanam, membantu pemain membentuk, dalam pikiran mereka, "misi" pertama.

Saya mengatakan itu dalam tanda kutip karena sebenarnya tidak ada misi atau quest resmi atau semacamnya, setidaknya dalam arti tradisional. "Bantuan" yang biasa untuk memandu pemain melalui alur quest yang sangat kaku tidak ada di Outer Wilds. Sesuatu yang telah saya singgung dalam Ulasan Morrowind saya tentang betapa membosankan dan linearnya quest dalam game RPG yang lebih modern, game ini menyajikan petunjuk, alur cerita, dan terserah Anda untuk mengikuti alur mana.

Di awal, Anda disajikan dengan beberapa alur cerita yang berbeda untuk diikuti, tetapi Anda bahkan tidak dipaksa untuk mengikuti satu pun. Tepat sebelum Anda diizinkan untuk meluncurkan dan meninggalkan area tutorial untuk pertama kalinya, Hornfels, kepala astronom, akan menanyakan apa yang ingin Anda lakukan pertama kali, memberi Anda beberapa pilihan seperti "Mulai dengan sesuatu yang kecil" atau "bertemu dengan pelancong lain (astronot)" yang membantu mengarahkan Anda ke hal-hal yang bisa Anda lakukan. Tetapi tidak pernah lebih dari sekadar memberi Anda alur cerita tentang di mana harus memulai.

Setelah ini, terserah Anda! Setiap utas akan membawa Anda ke arah yang berbeda, tetapi Anda bahkan tidak perlu mengikuti utasnya. Anda bisa terbang ke planet mana pun yang terlihat paling keren, atau sesuatu yang aneh menarik perhatian Anda dan ingin memeriksanya. Anda mungkin menemukan sesuatu yang penting bagi cerita, yang akan menambah utas lain untuk diikuti, mungkin juga tidak.

Utas-utas metaforis ini semuanya dilacak dalam jaring petunjuk yang dirujuk dan ditambahkan oleh pemain di dalam komputer pesawat mereka. Segera, pemain disajikan dengan serangkaian pertanyaan yang ingin dijawab oleh setiap penjelajah luar angkasa yang penasaran - apa yang kita lihat meledak di atas kita di awal? Mengapa kedua planet itu mengorbit begitu dekat? Ada apa dengan bintang putih di sini? Reruntuhan apa ini dan siapa yang membuatnya? Ke mana orang-orang ini pergi? Mengikuti utas-utas ini memungkinkan pemain untuk menjalin jaring cerita, sambil mengungkap misteri tentang apa yang terjadi dan mengapa ada beberapa hal aneh yang terjadi dalam sistem bintang Heathian.

GAMEPLAY - 20/20

Outer Wilds tidak memiliki pertarungan dan sistem progresi yang mewah, tidak ada kosmetik yang mengilap atau alat yang dapat di-upgrade, sama sekali tidak seperti itu. Sebaliknya, game ini sangat bergantung pada mekanika dan fitur menarik dari planet-planet dan hal-hal yang mungkin ditemui pemain.

Mekanika inti gameplay berpusat pada siklus 22 menit permainan – di mana matahari meledak, menjadi supernova, dan menghancurkan segalanya sebelum kembali ke awal, dengan Anda di menara peluncuran siap untuk menjelajah. Catatan: Saya sempat mempertimbangkan untuk tidak memasukkan informasi kecil ini dalam ulasan… Ini adalah aspek yang menyenangkan untuk dipelajari pada pengalaman pertama Anda, tetapi merupakan bagian integral dari permainan dan ulasannya. Belum lagi saya pikir permainan itu sendiri menjelaskannya di Steam.

Alur permainan melibatkan penggunaan waktu sebijaksana mungkin sebelum diatur ulang, entah itu berarti mencapai lokasi yang sulit dijangkau secepat mungkin dan membuka rangkaian petunjuk berikutnya sebelum matahari meledak, atau memanfaatkan waktu dengan cara yang tepat untuk memecahkan teka-teki.

Tentu saja saya tidak ingin merusak teka-teki yang menakjubkan, atau cerita yang luar biasa, tetapi elemen-elemen di dalam area tutorial, terutama museum, membantu pemain dalam memecahkan beberapa tantangan yang mungkin dihadapi.

Jadi, bagaimana mungkin sebuah game tanpa misi atau alur cerita yang jelas benar-benar berfungsi? Saya akui bahwa game ini tidak akan cocok untuk semua pemain—pemain secara alami harus memiliki rasa ingin tahu dan jiwa petualang, serta mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang akan mengarah pada pengungkapan misteri. Dalam banyak hal, game ini mengingatkan saya pada Myst – sebuah petualangan non-linier di mana Anda mempelajari latar belakang cerita dan mengungkap kebenaran tentang apa yang terjadi sambil memecahkan teka-teki.

Ditambah dengan begitu banyak lokasi dan tugas yang menarik, pemain ingin sekali mengunjungi sejumlah lokasi. Saat bermain, selalu ada daftar panjang hal yang ingin saya lakukan, dan di setiap putaran saya hanya bisa memilih satu atau dua. Bayangkan, meskipun game ini tidak memiliki daftar tugas atau sistem misi, saya justru punya banyak sekali hal yang harus dilakukan. Saya teringat Factorio dengan gayanya yang ironis, "selalu ada yang harus dilakukan" (ulasan akan segera hadir!) – yang juga memiliki sifat terbuka dalam hal itu.

Grafik & Suara – 19/20

Saya akan mulai dengan suara—pertama dan terutama soundtrack-nya. Soundtrack-nya sungguh epik dan berkesan. Sebagian besar trek terhubung dengan suatu lokasi atau melakukan sesuatu (seperti terbang melintasi angkasa), tetapi ada beberapa trek yang bagus, terutama menu dan tema utamanya, yang akan membuat Anda bersiul berjam-jam setelah bermain.

Selain musiknya sendiri, suasananya sempurna, menciptakan nuansa untuk setiap lokasi misterius. Terkadang saya merasa bulu kuduk saya berdiri, terkait dengan membuka lebih banyak petunjuk cerita. Semua ini dilakukan dengan sangat baik untuk membuat Anda tetap fokus pada dunia Outer Wilds yang indah.

Dan memang indah—beberapa adegan yang Anda temui di sepanjang perjalanan sungguh menakjubkan, sebagian berkat skala tata surya yang unik di dalam game. Planet-planet jauh lebih kecil dan jaraknya lebih pendek, sehingga menghasilkan banyak panorama dan pemandangan yang menarik. Dalam cuplikan di balik layar, saya ingat bahwa para desainer gim memiliki tugas berat untuk membuat poin-poin penting di planet-planet ini menarik secara visual untuk menyampaikan bahwa tempat ini penting untuk dikunjungi, bukan sekadar "ruang kosong", dan hal ini dilakukan dengan sangat baik. Saat menjelajahi kapal Anda, ada banyak tempat yang dekat dengan Anda, dan Anda dapat menemukan landmark yang pasti ingin Anda kunjungi.

Isyarat visual dan skala merupakan tema penting yang membantu memandu pemain. Matahari, planet, area, dan lainnya, semuanya membantu mengungkap lapisan tersembunyi dari cerita.

Pada akhirnya, meskipun biasanya merupakan ruang kosong yang luas, sangat jarang pemain merasakan hal seperti itu dan justru selalu disuguhi pemandangan matahari terbit atau terbenam yang indah di sebuah planet atau gerhana. Begitu banyak hal yang benar-benar menambah keindahan pemandangan tersebut.

Kontrol & UI – 14/15

Menerbangkan pesawat terasa cukup alami bagi saya, padahal saya telah memainkan beberapa game dengan fisika gravitasi nol/Newtonian. Tentu saja tidak mudah untuk memahami ukuran segala sesuatunya (termasuk pesawat itu sendiri) dan mendarat bukanlah yang termudah. ​​Kontrol di luar itu sangat mendasar, yang merupakan hal baik karena membuatnya tetap sederhana dan tidak rumit. Yang juga patut disebutkan adalah isyarat visual yang bermanfaat bagi pemain saat terbang, terutama dalam hal arah dan kekuatan pendorong.

UI-nya hebat dan benar-benar bersinar dalam hal bagaimana cerita (dan petunjuk yang Anda temukan) disajikan. Anda dapat melihatnya berdasarkan planet/bulan (tempat petunjuk tertentu ditemukan) atau berdasarkan jaringan petunjuk yang luas dan saling terhubung yang perlahan-lahan menyatukan seluruh latar belakang cerita. Setiap utas yang saya sebutkan sebelumnya memiliki simpulnya sendiri di web untuk memulai, dengan ikon yang mengingatkan Anda bahwa ada sesuatu untuk dijelajahi atau dipelajari. Jika Anda tertarik, Anda dapat menyelidikinya dan setelah itu, Anda akan mempelajari simpul-simpul lain yang terhubung, mungkin mengarahkan Anda ke arah yang berbeda untuk mendapatkan lebih banyak petunjuk. Perlahan-lahan, lebih banyak jaring akan terungkap seiring pemain menyelesaikan permainan.

Replayability – 10/15

Seperti yang diharapkan dari sebuah game yang sangat berfokus pada cerita dan teka-teki, replayability-nya cukup rendah. Setelah misteri permainan terpecahkan, sebenarnya tidak ada yang bisa dilakukan. Memang ada nilai untuk memainkan kembali game ini di kemudian hari, tetapi selain itu, replayability-nya tidak terlalu tinggi. Mengingat bahwa memang begitulah adanya, saya tidak terlalu memberikan nilai tinggi di sana.

Imersi – 8/10

Mengingat bagaimana cerita dituturkan, kekayaan sejarah dunia, dan makhluk-makhluk di dalamnya (Anda adalah seorang Hearthian ROXY69, alien bermata empat yang tidak memiliki jenis kelamin), ada banyak hal yang disukai. Tempat dan adegannya benar-benar berhasil membuat Anda tetap berada di dalam game, di samping bagaimana cerita dituturkan.

Saya mengurangi poin untuk apa yang saya yakini sebagai kekecewaan terbesar dalam game ini: interaksi NPC. Interaksinya tidak buruk, dan tentu saja bukan fokus utama game ini, tetapi masih banyak yang bisa ditingkatkan dalam hal dialog reaksioner agar tetap menarik, atau memberi Anda lebih banyak alasan untuk lebih sering berbicara dengan NPC. Setidaknya beberapa NPC, setelah Anda berbicara dengan mereka, tidak ada alasan untuk berbicara lagi dengan mereka. Sebagai perbandingan, satu NPC khususnya memiliki pilihan dialog yang menarik berdasarkan kondisi matahari (seberapa dekat matahari akan meledak) dan terlibat dalam percakapan yang menarik. Saya ingin melihat lebih banyak interaksi seperti itu agar NPC tampak tidak terlalu statis dan robotik.

Level Tantangan – 9/10

Game ini memiliki beberapa teka-teki luar biasa yang memaksa Anda untuk benar-benar berpikir keras. Beberapa teka-teki tampaknya tidak dapat dipecahkan, sehingga Anda meninggalkan game dan mempelajari lebih banyak hal tentang alam semesta lalu kembali lagi nanti dan menyadari ada sesuatu yang tidak Anda ketahui dapat Anda lakukan sebelum membuka teka-teki tersebut.

Terkadang rasanya sangat frustrasi ingin membuka sesuatu dan Anda tidak tahu alasannya. Gamer yang gigih akan mendapatkan imbalan selama kesabaran mereka tidak habis. Jika tidak, selalu merupakan ide bagus untuk melanjutkan dan kembali lagi nanti, karena masih banyak hal yang bisa dijelajahi dan dipelajari.

Secara keseluruhan, permainan ini terasa sangat menantang dan karena itu, terasa sangat memuaskan untuk akhirnya memecahkan teka-teki tertentu saat potongan-potongannya terpasang dengan benar, tentang mengapa saya tidak bisa membuka pintu atau melewati area tertentu. Dan di akhir permainan, Anda merasa senang telah memecahkan misteri dan mengetahui apa yang terjadi.

Modifikasi & Kemampuan Modifikasi – 5/10

Ada kekurangan besar di sini, tetapi tidak terduga. Agak tidak adil menilai permainan ini berdasarkan kemampuan modifikasinya, tetapi saya tidak bisa menghilangkannya dari skor karena, seperti yang telah saya tegaskan, merupakan bagian integral dari setiap permainan hebat. Ini memberi kehidupan baru pada permainan lama dan membuat orang memainkan permainan yang sama lebih lama dari yang mungkin diharapkan. Seperti yang sudah saya bilang, ini agak tidak adil jadi saya hanya mengurangi 5 poin, meskipun ketersediaan mod hampir tidak ada.

SKOR KESELURUHAN – 85

Outer Wilds adalah mahakarya yang tidak saya duga sebelumnya – saya tidak menyangka game ini akan sebagus ini. Saya sudah melihat sedikit gameplay dan ulasan yang positif, tetapi saya tidak menyangka game ini akan dengan cepat menjadi salah satu dari 10 game terbaik sepanjang masa versi saya.

Game ini sangat unik, meskipun tidak sepenuhnya baru dalam banyak aspek, game ini merupakan permata yang masih mentah dengan harga yang sangat terjangkau. Ceritanya memikat dan yang lebih penting, membuat Anda tetap terlibat, alih-alih hanya mencentang kotak di log quest tanpa berpikir.

Saya sangat merekomendasikannya – jangan menonton gameplay-nya, jangan spoiler, langsung saja masuk ke dalam game dan nikmati. Nikmati perjalanannya.

Popular posts from this blog

Direktor Black Myth: Wukong Bocorkan Kejutan untuk "Akhir Tahun Ini" di Golden Joystick Awards

Pakar: Fitur 'Inactivity Reboot' iPhone Dapat Memulai Ulang Perangkat Setelah 72 Jam

Nintendo Beri Pembaruan Mengenai Kompatibilitas Mundur Switch 2